Mengapa harga moge di indonesia mahal

Selamat Pagi Gans...........
Yamaha R6
Pagi ini Ane pengen nulis terkait dengan alasan kenapa Harga Moge di Indonesia bias dibilang selangit dan tidak manusiawi...(bahasanya berat..). Bukan tanpa alasan harga Moge di Indonesia selangit Gans, pasti ada penyebab dibalik itu semuanya.

Kawasaki H2
 
Tahun belakangan ini ATPM di yang  Indonesia besar seperti Yamaha dan AHM melirik bisnis Moge ini, Yamaha masuk ditahun 2014 dan AHM mulai terjun di pertengahan tahun 2015. Bukan tanpa alasan ATPM besar tersebut melirik bisnis Moge ini, tujuan utamanya jelas yaitu untuk mengenerate Value yang ada pada Moge tersebut atau dalam bahasa kerennya untuk menciptakan "Image Cangih, Keren dan penuh Inovasi"
Honda CBR1000RR SP

Nah,kembali ke pertanyaan awal,mengapa harga moge di Idonesia Selangit????  penyebabnya ialah
1.Pajak : Perhitungan pajak yang biasanya dilakukan  ialah
  • Luxury Tax (yang besarnya 60% untuk Moge ber-cc 250-500cc dan 125% untuk mode ber-cc diatas 500).
  • PPN yang besarnya 10%
  • Import duty yang besarnya bervariatif dari 13.5%-30% tergantung dari mana asal Moge tersebut di Impor (Kalau dari ASEAN she bea masuk ini bias 0%).
  • Income tax yang besarnya 7.5%
wowwwwtotal pajak sekitar 110% untuk Moge ber cc 250-500 dari total cost unit di Jakarta dan 170% untuk Mogede ber cc diatas 500 yak... Nah bisa dibayangkan,kalau kita ambil contoh harga Moge 1.000cc missal, diImpor dari jepang 400 jutaan, terkena pajak bla..bla..bla... harga bisa mencapai (400juta + (400juta x 170%)= 1.080juta.... (ckckckckck...ini baru pajak saja ya.....)

2. Investasi Perusahaan + Biaya untuk Promosi:
nah ini merupakan biaya tidak bisa dihindarkan ketika suatu perusahaan ingin bermain dengan di Segmen MOGE,pasti ada COST/BIAYA yang dikeluarkan dannnnnnn  ... biasanya COST ini mau gamau akan di charge ke setiap unit dengan perhitungan yang mempertimbangan planning jualan...ambil contohlah 5-10% dari Harga OTR nya.... berapa coba kira kira(kita angambil batas terendah saja ya....) : 5% dari 540juta ialah 27 jutaan... sehingga bianya ilah menjadi 1.080juta+54 juta =1.134 juta WOWWWWW

3. Keuntungan Perusahaan :
Harga 1.134 mill atau 1.1 miliar merpakan harga Pokok ya gan, yang artinnya perusahaan belum mengambil keuntungan.... Nah Coba deh Agan hitung sendiri kira kira harganya ketika perusahaan tersebut sudah menentuka keuntungan.... boleh dihitung dari angka terendah misalnya keuntungan perusahaan kita tentukan 5%-20%..... kira kira jadi 1.3 Milliar ya... wuihhhh makin selangit kan Gans?????dari harga 400 jutaan di negara asalnya,,,,.... tapi itulah memang resiko yang harus diterima bagi yang ingin membeli dan mencicipi MOGE.... hehehehe

Masih terlalu mahal bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, Namun Hal Kecil dan bukan masalah besar bagi beberapa bagian tertentu yang merupakan segment MOGE itu sendiri (baca. orang bener bener kaya...... :).)

Namun dibalik itu, ketikan Agans semua memutuskan membeli MOGE dijalur yang seharusnya, berarti Agans telah menyumbang Pajak bagi Negara tercinta ini... dan Pajak itu seharusnya akan dinikmati oleh kita semua sebagai  Warga Negara Indonesia... (SEHARUSNYA)...

Oke Gans, itulah penyebab kenapa Harga MOGE di Indonesia begitu selangit....
Semoga memberikan pencerahan bagi Agans Semua.


Selamat Pagi Gans.....