Kelebihan dan Kekurangan lampu led motor

LED Headlight Honda CB500F 2016
Selamat pagi Gans,

Maraknya penggunaan lampu LED pada sepeda motor yang ada di Indonesia membuat ane ingin menulis terkait dengan kelebihan dan kelemahan lampu LED yang sudah diaplikasiakan oleh ATMP Honda di model Vario 110FI, Vario 125 dan 150FI, CB150R Streetfire, Sonic150R, PCX150 serta produk terbaru yang baru diluncurkan yaitu CBR150R dan ATPM Yamaha untuk model NMax150.

Menurut ane Trend penggunaan lampu LED yang sudah ngtrend terlebih dahulu di mobil mobil menengah ke atas akan terus berlanjut beberapa tahun kedepan pada model sepeda motor yang ada di Indonesia, bahkan untuk Moge papan atas rata rata sudah mengaplikasikan technologi LED pada system pencahanyaan baik untuk Lampu Utama, Lampu belakang maupun Lampu Sein.

LED Hedlamp Honda CBR500R 2016
 
 
Nah ane akan share ke Agan semua terkait kelebihan dan kelemahan lampu LED ini, Yupppp kita mulai dari kelebihannya terlebih dahulu, kelebihannya LED ialah :
  1. Secara Visual akan meningkatkan Compact, modern dan futuristic image, sehingga motor yang memakai LED akan terlihat lebih keren dan kekinian.
  2. Lebih Terang dan jangkauannya lebih luas, hal ini dikarenakan LED mampu menghasilkan nilai candela yang lebih tinggi dibandingkan lampu model bohlam.
  3.  Akselerasi lebih baik, hal ini karena berkaitan dengan beban pada kumparan magnet yang lebih ringan dibandingkan dengan penggunaan bohlam.
  4. Selain akselerasi lebih baik, penggunaan LED ini akan berdampak pada komsumsi bahan bakar yang lebih irit, alasannya jelas, beban listrik yang semakin sedikit akan mereduksi penggunaan energy pada sepeda motor ini.
  5. Bagian kaca Lampu tidak akan cepat buram/meleleh, kondisi suhu pada saat LED menyala jauh lebih rendah dibandingkan dengan lampu bohlam. (lebih dingin).
  6. Umur Batere lebih awet, karena Watt pada LED jauh lebih kecil dibandingkan dengan lapu Bohlam.
  7. Usia lampu LED ummnya lebih lama dibandingkan dengan lampu Bohlam.
Nah itu Gan beberapa keuntungan bila motor menggunakan teknologi LED untuk system penerangannya, meski kelebihan lampu LED ini sangat banyak, namun bukan berarti LED ini tanpa kelemahan, nah berikut ialah kelemahan LED menurut ane yang sudah pernah punya pengalaman dengan motor yang menggunakan LED....
 
Kelemahan LED ialah :
  1. Biaya penggantiannya lebih mahal disbanding lampu bohlam, agan boleh check di Dealer, karena penggantian harus dilakukan satu set (tidak bisa hanya lampunya saja).
  2. Pada saat hujan, cahaya seperti memantul kemata kita, sehingga penglihatan saat berkendara dikala hujan dengan penggunaan lampu LED kurang nyaman dibandingkan dengan lampu bohlam.
nah itu gan menurut ane kelemahan technology lampu LED, tapi 2 kelemahan diatas akan tertutup dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh teknologi lampu LED ini, Soooo.... ane tetap yakin akan semakin banyak motor di Indonesia yang akan mengaplikasin teknoloi LED pada system pencahayaan lampunya baik untuklampu Depan, lampu belakang maupun lamu seinnya.
 
Sekian Gans, semoga bermanfaat....
 
 

1 comment:

  1. Jika pada pembahasan artikel diatas telah dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan lampu led motor. Aku akan berbagi info mengenai manfaat dari lampu led tersebut pada mobil dan jenis-jenisnya.

    ReplyDelete